KARYA ILMIAH-SENI-BISNIS

menerima berbagai masukan tentang inovasi Karya Ilmiah

Sabtu, 04 April 2009

PENGEMBANGAN PROFESI GURU?

Ketua Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia (Agupena)Pusat Drs. Achyar dan(Agupena) Jawa Tengah, Deni Kurniawan As'ari menyatakan, banyak guru yang kesulitan membuat karya tulis. Bagi guru PNS, hal itu mengakibatkan terkendalanya mendapatkan poin dalam sertifikasi dan poin Pengembangan Profesi dalam PAK.

Untuk mengatasi hal tersebut, Agupena berencana menyelenggarakan workshop penulisan di daerah-daerah. Agar pelaksanaan pelatihan lebih mengena sasaran maka (Agupena) Jawa Tengah terus mendorong dan memfasilitasi pembentukan Agupena tingkat kabupaten, seperti di Temanggung, Sabtu lalu telah terbentuk kepengurusan Agupena Temanggung.Hasil musyawarah mendaulat Drs. Hendro Martono menjadi Ketua Umum Agupena Temanggung. Di pundak beliau diharapkan misi dan misi Agupena dapat terwujud. Melalui kegiatan pelatihan kepenulisan terstruktur, diharapkan para guru dapat sedikit demi sedikit menulis artikel di media massa, menulis diktat dan buku serta menulis karya ilmiah khususnya PTK.

Semangat Menulis
Semangat para guru untuk bisa menulis juga cukup besar, terbukti banyak guru dalam wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mengadakan pelatihan penulisan PTK. Bahkan muncul proyek mandiri dengan (swadana) yang mengadakan pelatihan penulisan PTK yang dipandu oleh Dosen dan Widyaiswara. Hal ini membuktikan antusias para guru khususnya di Temanggung untuk menulis cukup besar.

Agupena Temanggung berusaha memfasilitasi semangat guru tersebut, dengan mendorong, membimbing, dan mengupayakan tulisannya dimuat di media masa, media Jurnal Ilmiah dan diterbitkan oleh penerbit lokal dan Nasional. Dengan langkah tersebut diharapkan dua tahun mendatang banyak guru yang mampu memperoleh poin pengembangan profesi untuk kepentingan "Profesionalisme" maupun kepentingan unsur pengembangan profesi kelengkapan berkas kenaikan pangkat ke IV B ke atas.

Dr. Mulyono (Widyaiswara Jateng) dalam "Seminar Nasional". mengemukakan sejumlah kriteria agar tulisan yang dikirim bisa dimuat di media massa atau diakui sebagai karya ilmiah pengembangan profesi dalam PAK. Kriteria itu diantaranya, memiliki analisis yang tajam, penulis menguasai topik yang dibahas serta merupakan tulisan yang orisinil atau buah pikiran asli penulis. Khusus tulisan PTK merupakan penelitian yang relevan dengan kegiatan guru di kelas sesuai dengan bidang tugasnya.

Menurut hemat penulis, selain kriteria tersebut, setiap artikel hendaknya mengandung hal baru yang belum pernah dikemukakan penulis lain. Baik informasinya, pandangan, pencerahan, saran maupun solusinya.

Mari,.......... mari mulai menulis, berawal dari kemampuan yang kita miliki dengan pengharapan yang optimis, yakinlah bahwa akan datang kemudahan atas perjuangan yang membara dan sungguh-sungguh. Sambutlah masa depan dengan pengharapan yang optimis. Selamat mencoba! Contact Person : 08122778766 (Parjuni)

Tidak ada komentar: